BUKA PUASA UNTUK MUSLIM PEDALAMAN

Author : IBM Admin

IBM Admin
Kota Bandung

terkumpul dari target : Rp250.000.000

12% terkumpul Campaign berakhir.

Masih banyak muslim pedalaman Indonesia yang yang hidup serba kekurangan. Di Ramadhan tahun ini, mari bahagiakan mereka dengan berbagi hidangan buka puasa.


Hidup di wilayah pedalaman dan terpencil seperti NTT, NTB, Papua dan wilayah terpencil lainnya di Indonesia memang tak mudah. Selain akses menuju kota yang cukup sulit, banyak dari mereka yang juga hidup serba kekurangan. Untuk itu, Insan Bumi Mandiri mengajak saudara muslimin di Indonesia untuk berbagi kebahagiaan dan keberkahan melalui program Buka Puasa Muslim Pedalaman di NTT, NTB, Papua, Sumsel, Sulteng dan wilayah pedalaman lainnya. 

Meski menjadi minoritas di beberapa wilayah terpencil seperti NTT, NTB dan Papua, muslim di daerah tersebut teguh memegang keyakinannya dan selalu berusaha menjadi muslim yang baik. Masjid di sana selalu ramai oleh jamaah terlebih di bulan Ramadhan. Orang beramai-ramai sholat tarawih, tadarus, dan menyelenggarakan pesantren kilat untuk anak-anak. Bahkan, beberapa ustadz di wilayah NTT rutin melakukan safari Ramadhan untuk berdakwah dari satu masjid ke masjid lainnya.

Euforia Ramadhan memang lekat terasa, namun sangat berbeda dengan euforia yang kita rasakan di sini. Di saat kita punya banyak pilihan menu buka puasa dan hidangan yang melimpah ruah, muslim di NTT dan NTB hanya bisa berbuka dengan jangung titi dan kenari yang dicampur dengan air kelapa. Tidak ada makanan mewah lainnya. Pun sama halnya dengan saudara muslim kita di Papua. Kondisi rumah yang dikelilingi rawa-rawa membuat sulitnya akses menuju tempat lainnya. Mereka hanya berbuka dengan hidangan ala kadarnya. Bahkan, karena keterbatasan pengetahuan, sebagian dari mereka kerap menjual hasil ikan untuk dibelikan mie instan. Sangat jauh dari kebutuhan gizi seimbang.

Sebagai wujud persaudaraan sesama muslim, mari kita sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di NTT, NTB, Papua, Sumsel, Sulteng dan daerah terpencil lainnya.

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi) 

#RamadhanDiPedalaman #ramadhan #pedalaman #SahabatPedalaman #InsanBumiMandiri 

Insan Bumi Mandiri
(022) 205 251 84
Komplek Setra Dago
Jl.Setra Dago III No.16 Antapani, Bandung 


SMS/WA Konfirmasi:
0813 2460 7225


Perkembangan BUKA PUASA UNTUK MUSLIM PEDALAMAN

  • 2018-05-19


    BUKA BERSAMA HARI 1 RAMADHAN DI DOMPU, NTB


    Senja di Kelurahan Bali Satu, Kec. Dompu, Kab. Dompu, NTB terlihat begitu berbeda dibandingkan biasanya. Pada tanggal 17 Mei 2018 bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadhan, Masjid Al Abrar yang biasanya sepi kini ramai dan meriah. Hampir seluruh warga mulai dari anak-anak hingga ibu, bapak, dan orang tua pun ikut membaur merayakan buka puasa bersama di masjid. Pada Ramadhan sebelumnya, warga masyarakat Bali Satu hanya berbuka seadanya dan kebanyakan berbuka di rumah masing-masing.

    Dengan hadirnya Insan Bumi Mandiri yang menyalurkan kegiatan buka bersama di sana, suasana dan antusiasme warga selama bulan Ramadhan menjadi lebih hidup. Warga berharap mereka dapat menjalankan buka puasa bersama seperti ini sepanjang Ramadhan. Insya Allah jika diberikan kesempatan lagi, warga sepakat mengadakan pesta rakyat untuk persiapan buka bersama. Selain untuk meningkatkan gotong royong antar warga, pesta rakyat juga diharapkan bisa menghidupkan syiar Islam di Dompu pada bulan Ramadhan tahun ini.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas sedekah yang telah diberikan sehingga saudara-saudara kita di pedalaman dapat berbuka bersama. Semoga Allah membalasnya berlipat-lipat ganda. Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di NTT, NTB, Papua, Sumsel, Sulteng dan daerah terpencil lainnya.
  • 2018-05-19


    RAMAINYA PESTA RAKYAT BUKA PUASA DI ALOR, NTT


    ?Pada tanggal 17 Mei 2018, bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadhan, warga Dusun Mayelaha, Desa Wolwal Tengah, Kec Alor Barat Daya, Kab. Alor, NTT telah usai melakukan kegiatan buka bersama. Buka bersama dilakukan di Masjid Al Mujahidin dengan konsep pesta rakyat melibatkan seluruh warga mulai dari anak-anak, ibu-ibu, hingga bapak-bapak. Mereka secara gotong royong berbagi tugas. Bapak-bapak memanjat kelapa, potong ayam, dan menyiapkan tenda serta perapian. Sedangkan ibu-ibu menyiapkan bumbu masak dan sebagainya hingga hidangan siap disantap saat adzan berkumandang.

    Warga Dusun Mayelaha mengucapkan banyak terima kasih kepada Insan Bumi Mandiri karena telah menghadirkan buka bersama yang berbeda dibandingkan biasanya. Jika sebelumnya mereka hanya berbuka seadanya, kini mereka bisa berbuka dengan hidangan yang menurut mereka begitu mewah sembari bisa merasakan indahnya gotong royong. Bahkan hidangan yang mereka masak sendiri tidak hanya cukup untuk berbuka, tetapi juga untuk santap malam bahkan untuk sahur di hari berikutnya.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Dusun Mayelaha dapat mengadakan buka puasa bersama dengan konsep pesta rakyat. Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah. Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-22


    ANTUSIASNYA BUKA PUASA DI DUSUN DUMLOLI, NTT


    Buka puasa hari ke dua Ramadhan atau pada 18 Mei 2018 dapat dilaksanakan di Masjid Nurul Falah, Dusun Dumloli, Desa Air Kenari, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, NTT. Warga Dumloli sangat antusias dalam menyambut buka puasa ini. Jumlah warga yang hadir sekitar 200 orang.

    Tahun-tahun lalu orang-orang berbuka puasa hanya dengan air teh atau kopi dan kue seadanya. Namun, kali ini bisa berbuka dengan nasi, ikan, daging ayam, dan sayur-sayuran.

    Warga Dumloli merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Sahabat Pedalaman karena sepanjang sejarah baru kali ini bisa buka puasa secara besar-besaran. Warga berharap program buka puasa di pedalaman ini dapat berlanjut terus di tahun-tahun mendatang.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas sedekah yang telah diberikan sehingga saudara-saudara kita di pedalaman dapat berbuka puasa bersama.

    Semoga Allah membalasnya berlipat-lipat ganda. Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslim di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-22


    100 ORANG LEBIH BUKA PUASA DI SARISE, NTB


    Buka puasa di pedalaman kali ini diadakan di Masjid Raudlatul Jannah, Dusun Sarise, Desa Melayu, Kec. Lambu, Kab, Bima, NTB.

    Buka puasa dilaksanakan pada hari ke 2 Ramadhan 1439 H atau pada 18 Mei 2018, diikuti lebih dari seratus orang dan jumlah tersebut lebih banyak dari tahun lalu.

    Selain buka puasa, acara ini lebih meriah dan berhikmah karena ada kegiatan ceramah dan pembacaan Kalam Ilahi. Dengan adanya acara ini, tali silaturahmi antar warga Sarise menjadi semakin erat.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu acara buka puasa di pedalaman.

    Semoga sahabat selalu istiqomah dalam beribadah khususnya di Ramadhan ini. Mari kita sukseskan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-22


    BUKA PUASA DI BAWAH KAKI BUKIT SULAP, SUMSEL


    Buka puasa pada hari ke-3 Ramadhan dilaksanakan di bawah kaki Bukit Sulap tepatnya Musholla Al Quran Muhajirin, Jalan Kelapa Sawit RT 04, Kel. Pasar Satelit, Kec. Lubuk Linggau Utara 2, Kab. Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

    Waktu buka puasa dibagi menjadi 2 yakni bada magrib dan tarawih. Jumlah warga yang mengikuti buka puasa sebanyak 100 orang. Warga yang berada di kaki Bukit Sulap biasanya berbuka puasa di rumah masing-masing.

    Dengan adanya program buka puasa di pedalaman yang diadakan Insan Bumi Mandiri, warga bisa berbuka puasa bersama sehingga ukhuwah islamiyah menjadi lebih erat.

    Warga sangat antusias dan bahagia terutama ibu-ibunya saat makan bersama ketika bada tarawih.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas sedekah yang telah diberikan sehingga saudara-saudara kita di pedalaman dapat berbuka bersama.

    Semoga Allah membalasnya berlipat-lipat ganda. Mari, menjadi bagian dari terselenggaranya buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-22


    WARGA KELIHIBENG BAHAGIA DAPAT BUKA BERSAMA


    Masjid Babul Fatah yang berada di Dusun Kelihibeng, Desa Probur Utara, Kec. Alor Barat Daya, Kab. Alor, NTT menjadi tempat buka puasa kali ini. Diselenggarakan pada hari ke-3 Ramadhan, warga yang hadir berjumlah 176 orang.

    Sepanjang sejarah, baru kali ini warga Kelihibeng berbuka puasa bersama dengan makanan yang terhitung mewah. Hidangan buka puasa yang disajikan di antaranya ikan, daging ayam, dan sayur-sayuran.

    Saking bahagianya, imam masjid meminta para jamaah untuk mendoakan Sahabat Pedalaman yang berdonasi untuk program Buka Puasa di sujud terakhir shalat tarawih mereka.

    Tak hanya bagi para Sahabat Pedalaman, kegiatan buka puasa ini menjadi peluang sedekah bagi beberapa pedagang. Mereka menambahkan takaran timbangannya untuk ikut menyumbang program Buka Puasa di Pedalaman.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Kelihibeng dapat mengadakan buka puasa bersama.
  • 2018-05-23


    RAMAINYA BUKA PUASA DI DUSUN RANGKO, NTT


    Hari ke-4 Ramadhan atau pada Ahad (20/05) telah dilaksanakan buka puasa di Masjid Nur Huda, Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, NTT. Jumlah warga yang mengikuti buka puasa di pedalaman kali ini sebanyak kurang lebih 200 orang.

    Banyak dari warga Rangko mulai dari anak-anak hingga ibu, bapak, dan orang tua pun ikut membaur merayakan buka puasa bersama di masjid. Selama ini warga Rangko belum pernah berbuka puasa di masjid dengan acara semeriah ini.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu acara buka puasa di pedalaman.

    Semoga para Sahabat selalu istiqomah dalam beribadah khususnya di Ramadhan ini. Mari kita sukseskan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-28


    ISTIMEWANYA HIDANGAN BERBUKA DI MAIMOL, NTT


    Hari ke-4 Ramadhan, relawan Insan Bumi Mandiri menyalurkan hidangan buka puasa di Masjid Al Arof, Dusun Maimol, Kel. Kabola, Kec. Kabola, Kab. Alor, NTT. Kali ini, warga yang menghadirinya berjumlah 98 orang.

    Buka puasa bersama di masjid dengan hidangan yang istimewa merupakan pengalaman pertama warga Maimol. Makanan yang tersedia pun cukup untuk makan malam dan sahur.

    Penyaluran hidangan buka puasa juga dilakukan ke rumah-rumah warga yang tidak bisa hadir di masjid.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu program Buka Puasa di Pedalaman sampai saat ini.

    Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah. Mari, kita bagikan hidangan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-28


    BUKA PUASA DI KEL. SIMPANG PERIUK, SUMSEL


    Mushola Al Hidayah yang berada di RT 6, Kel. Simpang Periuk, Kec. Lubuklinggau Selatan II, Kab. Lubuklinggau, Sumatera Selatan menjadi tempat buka puasa di pedalaman selanjutnya. Jumlah warga yang hadir sekitar 100 orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

    Warga Simpang Periuk mengucapkan terima kasih kepada Insan Bumi Mandiri. Dengan adanya buka puasa ini dapat meningkatkan kebersamaan dan memperkuat persatuan warga. “Semoga acara buka puasa di pedalaman ini tetap istiqomah,” tutur warga.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Simpang Periuk dapat mengadakan buka puasa bersama.

    Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah.

    Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-28


    BERKESANNYA BUKA PUASA DI TULIMA, PAPUA


    Buka puasa kali ini diadakan di pedalaman telah sampai ke Papua, tepatnya di Masjid Darul Mukhlasin, Kampung Tulima, Distrik Walesi, Kab. Jawawijaya. Jumlah warga yang hadir yakni 35-45 orang.

    Alhamdulillah, warga Tulima sangat bahagia dengan penyaluran makanan buka puasa berupa nasi dan lauk-pauk di wilayah mereka.

    Nasi merupakan makanan yang sangat jarang mereka makan. Biasanya warga menjadikan ubi sebagai bahan makanan sehari-hari mereka.

    Tulima merupakan kampung di pedalaman yang sangat jauh dari kota. Warga Tulima bersyukur dapat buka puasa bersama karena mereka merasa diperhatikan.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membatu memberikan hidangan buka puasa sampai ke Papua. Semoga Allah membalasnya berlipat-lipat ganda.

    Mari, menjadi bagian dari terselenggaranya buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-30


    MASAK BESAR UNTUK BUKA PUASA DI MANGGE, NTT


    Masjid Attaqwah, Kampung Mangge, Desa Pontianak, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tempat buka puasa di pedalaman selanjutnya. Hidangan buka puasa dimasak secara besar-besaran.

    Hal tersebut menjadi pengalaman pertama mereka untuk buka puasa. Jumlah warga yang ikut sekitar 150-200 orang.

    Biasanya buka puasa hanya menyajikan makanan ringan seadanya di rumah masing-masing. Namun, dengan adanya program Buka Puasa di Pedalaman ini membuat mereka bisa berkumpul satu kampung untuk berbuka bersama.

    Warga berharap acara buka puasa bersama di pedalaman ini bisa berlanjut pada bulan Ramadhan tahun-tahun selanjutnya.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu acara buka puasa di pedalaman.

    Semoga para Sahabat selalu istiqomah dalam beribadah khususnya di Ramadhan ini. Mari, sukseskan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-31


    ANTUSIASNYA BUKA PUASA DI MERAUKE, PAPUA


    Sebanyak 145 orang mengikuti acara buka puasa di Masjid Nurul Huda I, Jl. Raya Garuda, Spadem, Kel. Muli, Distrik Merauke, Kab. Merauke, Papua. Terdiri dari 120 jamaah masjid dan 25 anak-anak panti asuhan.

    Buka bersama kali ini begitu berkesan bagi warga karena biasanya hidangan yang disajikan hanya takjil (makanan ringan) seadanya di masjid. Ibu-ibu bergotong royong memasak hidangan untuk buka puasa. Saking antusiasnya, anak-anak pun berebut hidangan berbuka.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu memberikan hidangan buka puasa di Merauke, Papua. Semoga Allah membalasnya dengan berlipat-lipat.

    Mari, kita bantu warga di daerah pedalaman lainnya untuk dapat berbuka puasa dengan hidangan yang istimewa.
  • 2018-05-31


    BUKA PUASA DI KEL. TANAH PERIUK, SUMSEL


    Buka puasa kali ini diselenggarakan di Masjid Nurul Islam, RT 3, Kel. Tanah Periuk, Kec. Lubuklinggau Selatan 2, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Warga yang hadir buka puasa mencapai 150 orang.

    Dengan adanya acara buka puasa bersama ini, warga merasakan persaudaraan dan kebersamaan mereka menjadi semakin erat. Terutama saat masak-masak dan makan bersama.

    Warga bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Insan Bumi Mandiri yang telah memfasilitasi acara buka puasa di pedalaman ini. Mereka berharap dapat bekerja sama lagi di lain kesempatan.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu acara buka puasa di pedalaman.

    Semoga para Sahabat selalu istiqomah dalam beribadah khususnya di Ramadhan ini. Mari kita sukseskan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-05-31


    BUKA PUASA SUKU DANI DI ASSOLIPELEMA, PAPUA


    Suku Dani yang berada di Kampung Assolipelema, Distrik Walesi, Lembah Baliem, Kab. Jayawijaya, Papua menjadi penerima hidangan buka puasa selanjutnya. Sebanyak 35 warga ikut hadir dalam acara ini.

    Biasanya mereka makan sahur dan berbuka hanya dengan ubi (dalam bahasa daerahnya hipere) dan sayuran. Alhamdulillah dengan adanya buka puasa bersama ini, warga bisa menikmati menu yang lengkap dan bergizi.

    Warga suku Dani jarang sekali membeli makanan di pusat kota karena harga kebutuhan pokok sangat tinggi.

    Mahalnya harga barang-barang karena akses keluar masuk hanya menggunakan pesawat. Aktivitas sehari-hari mereka yakni bertani umbi-umbian, sayuran, dan buah.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu terlaksananya buka puasa sampai di Kampung Assolipelema, Papua.

    Semoga Allah memberikan keberkahan rezeki kepada sahabat. Mari, kita berbagi hidangan buka puasa ke daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-04


    BUKA PUASA DI MINORITAS MUSLIM, DESA LEER, NTT


    Pada hari ke-6 Ramadhan, warga Dusun Murawatang, Desa Leer, Kec. Pantar Barat, Kab. Alor, NTT telah usai melakukan kegiatan buka puasa di Masjid Babul Falah.

    Desa Leer merupakan daerah minoritas muslim. Jumlah warga muslim hanya 15 KK atau sekitar 60-70 jiwa.

    Buka puasa bersama menjadi syiar bagi dakwah Islam di sana. Jamaah masjid bergotong royong memasak untuk hidangan buka puasa.

    Buka puasa bersama dengan makanan berat merupakan pengalaman pertama bagi mereka karena biasanya hanya menggunakan takjil.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas sedekah yang telah diberikan.

    Semoga Allah membalasnya berlipat ganda.

    Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-06


    BUKA PUASA DI REMU SELATAN, PAPUA BARAT


    Alhamdulillah relawan Insan Bumi Mandiri telah mengadakan buka bersama di Papua Barat. Buka puasa tersebut dilaksanakan di Masjid Al Hikmah, Jl. Selat Bali, Kel. Remu Selatan, Distrik Manoi, Kota Sorong, Papua Barat.

    Warga berbondong-bondong mengikuti acara buka puasa, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jumlah jamaah yang ikut hadir sebanyak 200 orang.

    Program Buka Puasa di Pedalaman yang diadakan Insan Bumi Mandiri ini menjadi media untuk mempererat ukhuwah islamiyah antar warga di sana. Mereka berharap agar acara buka puasa bersama seperti ini dapat dilaksanakan terus setiap tahunnya.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Remu Selatan dapat mengadakan buka puasa bersama.

    Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-08


    BUKA PUASA DI BARANUSA, PANTAR, NTT


    Buka puasa untuk pedalaman kali ini dilaksanakan di Madrasah As Syuhada. Tepatnya di Desa Baranusa, Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Jumlah warga Baranusa dan santri Madrasah As Syuhada yang mengikuti buka bersama sebanyak 40 orang. Buka puasa juga dihadiri oleh warga Baranusa yang mualaf. Ibu-ibu bergotong royong memasak untuk menyajikan hidangan buka puasa.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Baranusa dapat mengadakan buka puasa bersama dengan konsep pesta rakyat. Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah.

    Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-08


    BUKA PUASA DI KEC. KARUBAGA, PAPUA


    Masjid Baitul Muttaqin yang berada di Kec. Karubaga, Kab. Tolikara, Papua menjadi tempat diadakannya buka puasa selanjutnya. Masjid yang biasanya sepi, kini menjadi ramai dan meriah.

    Sebanyak 50 orang ikut memeriahkan buka puasa ini. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas sedekah yang telah diberikan sehingga saudara-saudara kita di pedalaman dapat berbuka bersama. Semoga Allah membalasnya berlipat-lipat ganda.

    Mari, sedekahkan sebagian dari harta kita untuk berbagi hidangan buka puasa bagi kaum muslimin di NTT, NTB, Papua, Sumsel, Sulteng, dan daerah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-08


    BUKA PUASA DI PULAU PURA, NTT


    Buka puasa kali ini dilaksanakan di MIS Darussalam, Desa Timuabang, Pulau Pura, Kab. Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sekitar 150 orang menjadi penerima manfaat dari berbagai usia.

    Sejak pagi hari, relawan Insan Bumi Mandiri sudah sibuk membeli bahan-bahan untuk hidangan buka puasa di Pasar Kalabahi, Pulau Alor, Kab. Alor, NTT. Bahan-bahan yang dibeli di antaranya beras, ikan, ayam, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

    Setelah semua yang diperlukan dibeli, bahan-bahan tersebut langsung dikirim dari Pulau Alor ke Pulau Pura menggunakan perahu motor sekitar satu jam perjalanan. Di Pulau Pura, ibu-ibu langsung mengolah bahan-bahan tersebut untuk dijadikan hidangan buka puasa.

    Alhamdulillah, warga Pulau Pura bisa makan dengan hidangan yang lebih istimewa seperti sop ayam, sayur kembang pepaya, ayam goreng, dan ikan goreng. Biasanya mereka hanya berbuka puasa dengan teh manis dan makanan seadanya seperti ikan-ikan kecil.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu terlaksananya buka puasa bersama di Pulau Pura, NTT kali ini. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan rezeki kepada para sahabat sekalian.

    Mari, kita hidangkan makanan untuk buka puasa di wilayah pedalaman lainnya.
  • 2018-06-14


    BUKA PUASA DI LUBUK KUPANG, SUMSEL


    Masjid Fisabillah di Kel. Lubuk Kupang, Kec. Lubunglinggau Selatan 1, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tempat berlangsungnya buka puasa bersama yang diadakan Insan Bumi Mandiri. Kali ini, sebanyak lebih dari 100 warga menghadiri acara tersebut.

    Baru kali ini, warga Lubuk Kupang melakukan buka puasa bersama. Biasanya warga berbuka puasa di rumah masing-masing. “Luar biasa bahagia”, ucap salah satu warga yang mengikuti acara buka puasa bersama tersebut.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman atas bantuan yang telah diberikan sehingga warga Lubuk Kupang dapat mengadakan buka puasa bersama untuk pertama kalinya.

    Semoga amal ibadah sahabat di bulan Ramadhan diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Aamiin.
  • 2018-06-14


    BUKA PUASA DI BATU PUTIH, NTT


    Buka puasa bersama telah dilaksanakan di Masjid Al Hikmah, Dusun 2 Batu Putih, Desa Alila Timur, Kec. Kabola, Kab. Alor, Nusa Tenggara Timur. Tercatat sebanyak 230 orang warga mengikuti acara buka puasa tersebut.

    Buka puasa kali ini terasa berbeda bagi warga di sana. Biasanya mereka berbuka puasa hanya dengan kue atau kolak pisang saja. Namun kali ini, mereka dapat berbuka puasa dengan makanan besar yang istimewa, seperti makan nasi dan daging.

    Warga sangat senang dan antusias dalam menyambut buka puasa bersama yang diadakan Insan Bumi Mandiri ini.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membatu memberikan hidangan buka puasa di Batu Putih, NTT. Semoga Allah membalasnya dengan pahala kebaikan yang berlipat-lipat ganda. Aamiin.
  • 2018-06-14


    BUKA PUASA DI TOMU, PAPUA BARAT


    Warga Tomu telah mengikuti acara buka puasa bersama di Masjid Al Fallah. Masjid tersebut berada di Dusun Sebyar, Desa Tomu, Kab. Teluk Bintuni, Papua Barat.

    Turut hadir ditengah-tengah warga Tomu, anak-anak yatim piatu dan dhuafa dalam acara buka puasa bersama tersebut. Mereka sangat bersyukur dan senang dapat mengikuti acara ini.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada Sahabat Pedalaman yang telah membantu terlaksananya buka puasa di Tomu, Papua.
    Semoga Allah memberikan keberkahan rezeki kepada sahabat. Aamiin.

Name

Email


Messagge


Congratulations. Your message has been sent successfully
Error, please retry. Your message has not been sent


Donatur


  • Rp. 1.000.013

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 02:00:10
  • Rp. 1.000.002

    tiawirayana

    Rabu, 06 Juni 2018 12:36:50
  • Rp. 150.009

    Anonim

    Rabu, 06 Juni 2018 08:44:52
  • Rp. 300.011

    Anonim

    Rabu, 06 Juni 2018 01:47:21
  • Rp. 200.422

    Anonim

    Jumat, 01 Juni 2018 03:15:02
  • Rp. 200.843

    Anonim

    Kamis, 31 Mei 2018 13:52:36
  • Rp. 50.601

    Anonim

    Rabu, 30 Mei 2018 02:04:14
  • Rp. 2.000.111

    Sihwati wilujeng

    Selasa, 29 Mei 2018 22:36:56
  • Rp. 100.684

    Gostab Akbar Perdana

    Senin, 28 Mei 2018 09:21:09
  • Rp. 101.077

    Anonim

    Senin, 28 Mei 2018 08:43:46
  • Rp. 100.909

    Ema

    Minggu, 27 Mei 2018 07:08:30
  • Rp. 500.694

    Anonim

    Jumat, 25 Mei 2018 11:31:15
  • Rp. 10.741

    yuli

    Jumat, 25 Mei 2018 03:49:55
  • Rp. 200.637

    Anonim

    Jumat, 25 Mei 2018 02:54:02
  • Rp. 300.667

    Handi

    Kamis, 24 Mei 2018 10:17:21
  • Rp. 300.455

    Anonim

    Kamis, 24 Mei 2018 10:16:09
  • Rp. 500.044

    Anonim

    Kamis, 24 Mei 2018 09:22:10
  • Rp. 100.956

    Anonim

    Rabu, 23 Mei 2018 14:20:10
  • Rp. 20.140

    Anonim

    Rabu, 23 Mei 2018 09:49:46
  • Rp. 100.915

    Wawan

    Rabu, 23 Mei 2018 08:38:45
  • Rp. 50.736

    Tri anita sari

    Rabu, 23 Mei 2018 00:46:29
  • Rp. 500.650

    inafra

    Selasa, 22 Mei 2018 23:29:29
  • Rp. 100.297

    Nani Fitriah

    Selasa, 22 Mei 2018 01:19:19
  • Rp. 120.686

    Anonim

    Senin, 21 Mei 2018 12:48:10
  • Rp. 20.755

    Anonim

    Senin, 21 Mei 2018 02:48:22
  • Rp. 50.707

    Anonim

    Senin, 21 Mei 2018 00:10:19
  • Rp. 200.930

    Yesi Mariska Indira

    Minggu, 20 Mei 2018 16:38:48
  • Rp. 250.331

    Anto

    Minggu, 20 Mei 2018 16:11:19
  • Rp. 50.859

    Anonim

    Minggu, 20 Mei 2018 14:50:07
  • Rp. 100.107

    Agus suparto

    Minggu, 20 Mei 2018 10:54:28
  • Rp. 100.671

    Anonim

    Minggu, 20 Mei 2018 05:40:02
  • Rp. 150.899

    Anonim

    Sabtu, 19 Mei 2018 23:18:44
  • Rp. 20.126

    Anonim

    Sabtu, 19 Mei 2018 22:09:47
  • Rp. 5.000.980

    Fahmy Alaydroes

    Sabtu, 19 Mei 2018 09:57:56
  • Rp. 100.764

    Anonim

    Sabtu, 19 Mei 2018 07:00:01
  • Rp. 300.585

    Anonim

    Sabtu, 19 Mei 2018 03:03:49
  • Rp. 50.588

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 15:22:10
  • Rp. 100.294

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 14:39:58
  • Rp. 1.000.495

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 13:56:45
  • Rp. 25.458

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 10:23:32
  • Rp. 20.851

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 07:42:36
  • Rp. 2.000.752

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 07:28:34
  • Rp. 1.000.115

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 06:23:35
  • Rp. 50.161

    Ridwan Hilmi

    Jumat, 18 Mei 2018 05:47:29
  • Rp. 150.549

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 04:19:30
  • Rp. 300.087

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 04:01:45
  • Rp. 25.124

    Anonim

    Jumat, 18 Mei 2018 03:26:49
  • Rp. 100.114

    Pamungkas

    Jumat, 18 Mei 2018 02:58:45
  • Rp. 500.463

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 14:43:35
  • Rp. 250.648

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 12:52:17
  • Rp. 500.111

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 11:26:44
  • Rp. 100.182

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 10:59:10
  • Rp. 25.138

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 07:30:47
  • Rp. 200.311

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 03:03:39
  • Rp. 20.536

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 02:28:26
  • Rp. 100.737

    tikno

    Kamis, 17 Mei 2018 00:28:25
  • Rp. 50.867

    Anonim

    Kamis, 17 Mei 2018 00:09:13
  • Rp. 200.806

    Anonim

    Rabu, 16 Mei 2018 13:10:39
  • Rp. 150.833

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 22:45:22
  • Rp. 50.968

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 07:33:42
  • Rp. 200.480

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 04:16:46
  • Rp. 50.003

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 03:53:32
  • Rp. 1.000.209

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 02:27:47
  • Rp. 1.000.953

    Anonim

    Selasa, 15 Mei 2018 00:40:47
  • Rp. 300.357

    Anonim

    Senin, 14 Mei 2018 07:18:21
  • Rp. 100.360

    Anonim

    Senin, 14 Mei 2018 00:09:00
  • Rp. 100.565

    Anonim

    Minggu, 13 Mei 2018 08:59:58
  • Rp. 5.000.220

    YUYUN AYNA

    Minggu, 13 Mei 2018 07:34:39
  • Rp. 50.150

    Faishal Ridho

    Minggu, 13 Mei 2018 05:19:14
  • Rp. 50.310

    Anonim

    Sabtu, 12 Mei 2018 16:02:42
  • Rp. 250.885

    Muhidin

    Sabtu, 12 Mei 2018 06:32:46
  • Rp. 75.185

    Anonim

    Sabtu, 12 Mei 2018 05:13:42
  • Rp. 50.862

    I Wayan Dirgantara Putra

    Jumat, 11 Mei 2018 00:57:16
  • Rp. 100.808

    tikno

    Selasa, 08 Mei 2018 05:19:33
  • Rp. 20.669

    Anonim

    Minggu, 06 Mei 2018 01:31:50
  • Rp. 1.000.174

    Anonim

    Sabtu, 28 April 2018 00:56:56
  • Rp. 150.517

    Dhira

    Jumat, 27 April 2018 13:49:58
BANTU Melalui Whatsapp!

4 jam yang lalu

Nova Syuhartika
telah mendonasikan untuk program:
BANTU RENOVASI MASJID SATU-SATUNYA DI CEREMBA NTT

6 jam yang lalu

Ummu Arsyam
telah mendonasikan untuk program:
BANTU MARIAM, BAYI KELAINAN SARAF TULANG BELAKANG

8 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU KAKEK SALEH YANG LUMPUH DAN SEBATANG KARA

8 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU KAKEK SALEH YANG LUMPUH DAN SEBATANG KARA

8 jam yang lalu

Fathor rasyid
telah mendonasikan untuk program:
BANGUN MASJID PERTAMA DI MAMBOA NTB