Author : IBM Admin

Zahid: Warga di Pedalaman Menantimu Saat Qurban

Menjelang #QurbandiPedalaman, saya Muhammad Zahid Izzah Rabbani, ingin sedikit bercerita bagaimana keadaan para peternak kambing dan sapi di Pedalaman Nusa Tenggara Timur.

Sebelum menjadi seorang Insan IBM, saya merupakan mahasiswa jurusan peternakan Universitas Brawijaya Malang. Saat ini saya beramanah di departemen Institution Development. Bersama Insan IBM lainnya, saya juga bertugas untuk mempersiapkan program #QurbandiPedalaman yang diamanahkan para donatur Qurban kepada kami.

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya Maret 2018 saya berkesempatan bertemu dengan para peternak di pedalaman. Hal ini merupakan pengalaman pertama saya melihat kondisi yang tak seperti biasanya di kota tempat saya tinggal. Semuanya berbeda, mulai dari kondisi peternak, hewan ternak, hingga masyarakat muslim sekitar pun kondisinya jauh berbeda.

Tujuan utama saya menuju pedalaman adalah menemukan cara untuk menjadikan #QurbandiPedalaman lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya demi keberlanjutan usaha para peternak di pedalaman.

Sebelum hadirnya program #QurbandiPedalaman dari Insan Bumi Mandiri, para peternak cukup mengalami banyak kesulitan untuk memelihara hewan ternaknya. Untuk itu, saya mencoba untuk membenahi manajemen ternaknya dimulai dari ilmu yang pernah saya timba di bangku perkuliahan seperti cara mengelola ternak, membangun kandang ternak, dan memberi pakan ternak. Pengetahuan dasar manajemen ternak tersebut memang belum didapatkan oleh para peternak, selama ini ilmu yang didapatkan para peternak hanya berdasarkan kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun. Tidak salah memang, akan tetapi apabila manajemen ternak dilakukan dengan metode yang tepat akan menambah produktifitas hewan ternak nantinya.

Sebagai seorang Muslim, saya tahu bahwa Muslim di pedalaman sana termasuk kelompok yang minoritas. Tidak seperti tempatku tinggal saat ini di Bandung, Momen Idul Adha di pedalaman Nusa Tenggara sangatlah berbeda, jumlah hewan qurban disana tidak banyak. Jumlah penduduk Muslim yang minoritas, ditambah dengan faktor keterbatasan ekonomi membuat saudara kita di pedalaman sana menjadi sangat jarang merayakan Idul Adha dengan memotong hewan qurban tiap tahunnya. Begitu pula masyarakat non muslim lainnya, banyak pula diantara mereka yang jarang sekali makan daging, baik itu daging kambing maupun sapi. Sehingga apabila Sahabat memiliki kemampuan untuk berqurban dan memilih untuk berqurban di pedalaman, insyaallah kebermanfaatannya akan semakin luas. Tak hanya berbagi daging Qurban untuk saudara kita sesama Muslim tetapi juga untuk saudara kita yang beragama lain di sana.


Berbicara mengenai kebermanfaatan, selain berbagi daging Qurban secara tidak langsung Sahabat yang melakukan #QurbandiPedalaman pun juga turut membantu para peternak untuk meningkatkan penjualannya saat Idul Adha seperti di kota-kota besar pada umumnya. Sehingga,insya Allah akan dapat memperbaiki kondisi perekonomian peternak di pedalaman.

Kondisi peternakan di pedalaman sedikit demi sedikit akan menjadi semakin baik, berkat program pemberdayaan peternak di pedalaman oleh IBM. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi untuk turut berpartisipasi dalam program #QurbandiPedalaman. Insan IBM siap untuk menerima amanah dari Sahabat Pedalaman yang ingin berpartisipasi dalam program #QurbandiPedalaman dimana pun Sahabat berada.

Semoga dengan kehadiran kami (Insan IBM) dan Anda (Sahabat Pedalaman) menjadi solusi untuk para peternak dan menjadi jalan untuk menyemarakkan semangat #QurbandiPedalaman bagi masyarakat di pedalaman Nusa Tenggara Timur.

Salam Pedalaman,


Zahid


Latest posts

28 July 2018
MAKANAN OLAHAN JAGUNG KHAS ALOR, NTT
Tak lengkap rasanya bila berlibur ke Alor, NTT tanpa mencicipi cemilan khasnya. Karena produksi jagung disana terbilang cukup banyak, sehingga ...
21 July 2018
QURBAN DI PEDALAMAN: TEPAT SASARAN, MENYAMBUNGKAN ASA HINGGA PELOSOK INDONESIA
Insan Bumi Mandiri (IBM) bercita-cita untuk memberdayakan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses di wilayah-wilayah terpencil dan pedalaman di Indonesia. Sejak ...
08 July 2018
Zahid: Warga di Pedalaman Menantimu Saat Qurban
Menjelang #QurbandiPedalaman, saya Muhammad Zahid Izzah Rabbani, ingin sedikit bercerita bagaimana keadaan para peternak kambing dan sapi di Pedalaman Nusa ...
06 July 2018
TENUN SUKU KUI, WARISAN BUDAYA DARI ALOR YANG TERUS LESTARI
Indonesia adalah negeri yang indah. Dikelilingi oleh lautan yang luas dan ribuan deret pulau-pulau yang membuatnya begitu kaya. Tak hanya ...
25 June 2018
KHALIDA: Pendidikan Indonesia Kita
Akhir April 2018, aku berkesempatan berkunjung ke pedalaman Sulawesi Tengah, tepatnya ke pedalaman Kab. Parigi Moutong. Jangan bayangkan jaraknya cuma selemparan ...

3 jam yang lalu

Nova Syuhartika
telah mendonasikan untuk program:
BANTU RENOVASI MASJID SATU-SATUNYA DI CEREMBA NTT

6 jam yang lalu

Ummu Arsyam
telah mendonasikan untuk program:
BANTU MARIAM, BAYI KELAINAN SARAF TULANG BELAKANG

8 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU KAKEK SALEH YANG LUMPUH DAN SEBATANG KARA

8 jam yang lalu

Fathor rasyid
telah mendonasikan untuk program:
BANGUN MASJID PERTAMA DI MAMBOA NTB

9 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU PENGOBATAN TUMOR OTAK PAK YASIN