Renovasi Madrasah di Pulau Longos, NTT

Author : IBM Admin

IBM Admin
Kota Bandung

terkumpul dari target : Rp300.000.000

7% terkumpul 1 hari lagi

Jika tak ada Madrasah ini, anak- anak harus berjalan 5 km setiap hari menembus hutan yg dihuni Komodo. Mari kita bantu satu-satunya sekolah harapan mereka ini.

Pulau Longos, Nusa Tenggara Timur memang terpencil. Dari Labuan Bajo, Relawan Insaan Bumi Mandiri harus menyewa perahu seharga 1,5 juta rupiah dengan waktu tempuh 4 jam. 


Saat tiba di dermaga, kami disambut Ustadz Amran, Kepala Madrasah, para guru dan puluhan anak- anak yang telah lama menanti. Mereka segera meraih dan mencium tangan kami. Masya Allah.. seketika rasa lelah letih pun hilang menyaksikan kegembiraan yang terpancar dari wajah mereka.


Saat memasuki kampung, langkah kami beberapa kali terhenti menyaksikan kondisi pemukiman yang berjumlah1.300 warga ini. Rumah - rumah warga tampak lapuk dimakan usia. Benar- benar sebuah kampung yang perlu dibantu untuk diberdayakan. 



Usai melalui kampung nelayan, barulah kami tiba di Masrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda yang didirkan pada tahun 2009.
Lagi- lagi kami menyaksikan kondisi yang sangat memprihatinkan. Atap yang menganga tertiup angin, berlantaikan tanah, pembatas ruang yang compang- camping dan berlubang di sana sini.
Padahal inilah satu -satunya sekolah harapan mereka di sini. Kami menyaksikan anak- anak harus berdesak-desakan. Satu meja dipakai untuk lima siswa.
Sebelum ada madrasah ini, anak- anak harus berjalan menembus hutan yang dihuni Komodo sejauh 5 km setiap harinya untuk bersekolah.


Hingga tahun 2017, jumlah siswa MIS Al Awwalul Huda mencapai 70 orang dengan 8 orang guru. Sudah 2 angkatan menamatkan sekolah dengan tingkatan kelulusan 100%.
Mari kita terus dukung semangat belajar anak- anak di Pulau Longos ini..


Insan Bumi Mandiri
SMS/ WA Konfirmasi 0812 214 5114
Telp. (022) 205 251 84
Jl. Subang no.59 Bandung


Perkembangan Renovasi Madrasah di Pulau Longos, NTT

  • 2017-07-15


    UPDATE 1


    Alhamdulillah, saat ini Masrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda Pulau Longos sudah mulai direnovasi. Beberapa proses pembangunan yang telah dilakukan adalah pembangunan fondasi madrasah. 25 persen dinding kelas pun telah dibangun dan kusen-kusen juga telah terpasang.

    Jazaakumullah khairan katsiran. Terima kasih para donatur, semoga Allah membalas berkali lipat di dunia dan akhirat..
    Mari kita doakan pembangunan renovasi madrasah di Pulau Longos ini bisa berlangsung dengan lancar. Aamiin..
  • 2017-07-25


    RENOVASI TAHAP 2 SUDAH MENCAPAI 60%


    Pembangunan renovasi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda Pulau Longos, NTT yang telah berjalan yakni membuat fondasi dan dinding setengah bagian. Alhamdulillah saat ini renovasi madrasah sudah mencapai 60%.

    Terlihat kebahagiaan dari wajah siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda dengan pembangunan renovasi sekolah mereka..

    InsyaAllah pembangunan selanjutnya adalah pemasangan bagian kayu untuk rangka atap..

    Dengan adanya madrasah ini, anak- anak tidak perlu lagi berjalan 5 km setiap hari menembus hutan yang dihuni Komodo.

    Jazaakumullah khairan katsiran. Terima kasih para donatur, semoga Allah membalas belipat ganda di dunia dan akhirat..Aamiin..

    Mari kita bantu pembangunan renovasi satu-satunya sekolah harapan mereka ini..
  • 2017-09-27


    ?GEDUNG BARU UNTUK MADRASAH LONGOS SUDAH 70%


    Alhamdulillah, sebentar lagi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda Pulau Longos, NTT akan segera belajar di ruang kelas yang layak. Pembangunan renovasi madrasah ini telah mencapai 70%.

    Dari mulai proses pembuatan fondasi dan dinding yang baru setengah bagian, hingga sekarang bangunan kelas untuk para siswa sudah memiliki atap. Alhamdulillah semua berjalan lancar.

    Semoga dengan kelas baru yang lebih layak ini, anak-anak MIS Al Awwalul Huda akan semakin bersemangat dalam menuntut ilmu.

    Jazaakumullah khairan katsiran. Terima kasih para donatur yang telah mendoakan dan ikut membantu pembangunan madrasah. Dengan adanya madrasah ini, anak- anak tidak perlu lagi berjalan 5 km setiap hari menembus hutan yang dihuni Komodo.

    Semoga Allah selalu memudahkan segala urusan para donatur, dan membalas kebaikan belipat ganda di dunia dan akhirat..Aamiin..

    Mari, terus bantu pembangunan renovasi satu-satunya sekolah harapan mereka ini..
  • 2017-10-31


    PEMBANGUNAN MASUK TAHAP PLESTER TEMBOK


    Anak-anak Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Awwalul Huda, Pulau Longos, kini bisa tersenyum lebar. Pembangunan ruang kelas yang selama ini dibangun kini sudah hampir selesai. Anak-anak yang biasanya melakukan kegiatan belajar dengan ruang kelas yang terbatas, kini sudah bisa mengharapkan ruang kelas yang lebih nyaman dari sebelumnya sehingga lebih fokus dalam menjalani kegiatan belajar di madrasah.

    Pada bulan sebelumnya, pembangunan madrasah sudah masuk pada pemasangan atap. Kini pada akhir bulan Oktober, 2 unit ruang kelas baru sudah selesai tahap pemlesteran tembok bagian dalam dan depan, tinggal bagian belakang dan samping yang belum. InsyaAllah pada tahapan selanjutnya, akan dilakukan pemasangan keramik lantai dan pemasangan pintu jendela kelas.

    Jazakumullah Khoiron Katsiron atas doa dan dukungan yang dikirimkan oleh para donatur hingga proses pembangunan madrasah bisa terselesaikan sejauh ini. Semoga Allah membalas kebaikan para donatur dengan balasan yang jauh lebih baik.

    Yuk kita bantu anak-anak di Longos untuk memiliki kelas baru sehingga mereka lebih bersemangat dalam belajar, menjadi generasi cerdas bangsa Indonesia di masa depan.
  • 2017-12-08


    PEMBANGUNAN MASUK TAHAP PEMASANGAN KERAMIK


    Sebentar lagi, anak-anak Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Awwalul Huda, Pulau Longos bisa merasakan kelas yang nyaman. Pembangunan ruang kelas yang selama ini dikerjakan kini hampir selesai.

    Pengurugan tanah dilakukan setelah plester pada dinding bangunan selesai. Pihak sekolah tengah menunggu material keramik, pintu dan jendela untuk kelas baru mereka.

    Meski masih belajar di bangunan yang rusak, anak-anak MIS Awwalul Huda tetap ceria dan bersemangat untuk terus menuntut ilmu..

    Jazaakumullah khairan katsiran.. Terima kasih banyak kepada para donatur atas doa dan bantuan yang telah diberikan untuk pembangunan Madrasah Pulau Longos ini..

    Semoga Allah limpahkan berlapis-lapis keberkahan untuk para donatur.. Aamiin
  • 2018-02-19


    UPDATE 6 - PINTU DAN JENDELA KELAS BARU TELAH DIPASANG


    Ruangan kelas baru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Awwalul Huda, Pulau Longos, NTT akan segera digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Ruangan kelas baru ini telah dilakukan pemasangan jendela dan pintu.

    Selanjutnya tahap renovasi yang akan dilakukan yaitu pemasangan keramik dan pengecatan dinding. Namun, saat ini pihak sekolah masih menunggu material keramik untuk kelas baru mereka.

    Jazaakumullah khairan katsiran.
    Pihak MIS Awwalul Huda mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari donatur hingga saat ini. Apa yang telah donatur berikan benar-benar bermanfaat dan sangat membantu anak-anak di Pulau Longos.
    Mari kita terus bantu anak-anak Madrasah Longos untuk memiliki ruang kelas yang lebih layak.
  • 2018-05-31


    KELAS BARU SUDAH DIPAKAI MURID-MURID


    Bangunan Masrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Awwalul Huda Longos, Nusa Tenggara Timur ini sangatlah memprihatinkan. Atap yang menganga tertiup angin, berlantaikan tanah, pembatas ruang yang compang-camping dan berlubang di sana sini adalah kondisi dari sekolah yang didirikan pada tahun 2009 ini.

    Alhamdulillah, donasi yang terhimpun dari bantuan serta doa para Sahabat Pedalaman, membawakan harapan baru untuk adik-adik di MIS Al Awwalul Huda Longos. Perlahan tapi pasti, pembangunan ruang kelas baru pun berjalan.

    Tak terasa, kini pembangunan sudah mencapai 80%. Meski lantainya masih beralaskan tanah, tapi bangunan permanen ini sudah dipakai adik-adik untuk kegiatan belajar mengajar.

    Mereka sangat senang bisa belajar di ruang kelas yang lebih layak. Ucapan terima kasih dan senyuman dari mereka mengalir untuk para Sahabat pedalaman di mana pun Anda berada.

    Jazaakumullah khairan katsiran atas segala dukungan baik berupa doa maupun bantuan donasi demi kelancaran pembangunan ruang kelas.

    Semoga Allah selalu melancarkan segala rezeki para Sahabat..
    Mari kita bantu adik-adik MIS Al Awwalul Huda untuk merampungkan ruang kelas mereka..
  • 2018-07-30


    PENGADAAN PERLENGKAPAN KELAS


    Pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al Awwalul Huda yang berada di Pulau Longos, NTT akan segera dilanjutkan. Pembangunan sempat terhenti beberapa bulan karena kekurangan dana, serta puasa Ramadhan, dan lebaran Idul Fitri.

    Tahap pembangunan yang terakhir telah selesai dikerjakan yakni pemasangan pintu dan jendela. Saat ini, donasi dari Sahabat Pedalaman akan digunakan untuk menyelesaikan plester lantai, plamir, dan pengecatan dinding kelas.

    Selain itu, pengadaan perlengkapan kelas seperti meja, kursi, papan tulis, dan lemari sedang dilakukan.
    “Saya mengucapkan terima kasih banyak atas doa dan bantuan dari para sahabat, sehingga pembangunan kelas bisa berjalan sejauh ini”, ucap Ustadz Amran, kepala sekolah MIS Al Awwalul Huda.

    Semoga Allah membalas kebaikan sahabat dengan berlipat-lipat.

    Mari kita terus doakan dan dukung anak-anak di Pulau Longos supaya dapat belajar di ruang kelas yang layak.
  • 2018-08-24


    MATERIAL PEMBANGUNAN TELAH SAMPAI DI LOKASI


    ?Sebelum adanya Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Awwalul Huda, anak-anak harus berjalan menembus hutan yang dihuni Komodo sejauh 5 km setiap harinya untuk bersekolah.

    Alhamdulillah, pengadaan material untuk pembangunan kelas baru MIS yang berada di Pulau Longos, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dilakukan. Material yang telah tersedia di lokasi di antaranya pasir, semen, tripleks, dan aluminium. Saat ini, pihak sekolah sedang mencari tukang bangunan untuk melanjutkan pembangunan.

    Tahap pembangunan kelas baru akan dilakukan yakni plester lantai dan pemasangan plafon. Sementara untuk pengadaan perlengkapan sekolah, masih dalam proses pemesanan. Perlengkapan sekolah akan didatangkan ke lokasi saat pembangunan telah rampung.

    Terima kasih kepada Sahabat Pedalaman yang telah senantiasa memberikan doa dan dukungannya hingga saat ini. Apa yang telah sahabat berikan benar-benar bermanfaat dan sangat membantu anak-anak di Pulau Longos.

    Mari kita terus bantu anak-anak MIS Al Awwalul Huda, Pulau Longos untuk memiliki ruang kelas yang layak.
  • 2018-09-18


    PEMASANGAN PLAFON RUANG KELAS


    Sebelum adanya Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Awwalul Huda, anak-anak harus berjalan menembus hutan yang dihuni Komodo sejauh 5 km setiap harinya untuk bersekolah.

    Setelah material pembangunan telah sampai, proses renovasi yang telah selesai adalah pengacian dinding dan plester beberapa bagian lantai. Kini proses yang sedang berjalan adalah pemasangan kerangka plafon ruang kelas.

    Jika pemasangan kerangka telah selesai, proses yang akan dilakukan adalah pemasangan plafon baru kemudian plester lantai atau pengecatan dinding. Adapun setelah proses plester atau pengecatan dinding. Adapun proses pengadaan perlengkapan kelas kini masih dalam proses pemesanan.

    Terimakasih kepada sahabat pedalaman yang telah memberikan doa dan bantuan juga dukungannya hingga saat ini. Apa yang telah sahabat berikan sungguh sangat bermanfaat untuk anak-anak di pulau Longos.

    Mari kita terus berikan dukungan bagi mereka agar renovasi kelas dapat berjalan hingga selesai.
  • 2018-10-16


    PENGECATAN DINDING MADRASAH TELAH DIMULAI


    Jika tidak ada Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Awwalul Huda yang berada di Pulau Longos, Nusa Tenggara Timur (NTT) anak-anak harus berjalan menembus hutan yang dihuni komodo sejauh 5 km setiap harinya untuk bersekolah.

    Alhamdulillah, kini renovasi MIS Al Awwalul Huda terus berjalan. Tahap renovasi yang telah diselesaikan yakni pemasangan plafon.

    Saat ini, warga sedang melakukan pengecatan dinding madrasah. Jika pengecatan dinding telah selesai, renovasi madrasah akan dilanjutkan dengan pemasangan keramik.

    Untuk melanjutkan renovasi, warga masih memerlukan mesin gerinda untuk memotong keramik sesuai ukuran yang dibutuhkan.

    Terima kasih kepada Sahabat Pedalaman yang telah memberikan doa dan bantuan juga dukungannya hingga saat ini.

    Apa yang telah sahabat berikan sungguh sangat bermanfaat untuk anak-anak di pulau Longos.

    Mari kita terus berikan dukungan bagi mereka agar renovasi kelas dapat berjalan lancar sampai selesai.

Name

Email


Messagge


Congratulations. Your message has been sent successfully
Error, please retry. Your message has not been sent


Donatur


  • Rp. 201.249

    Anonim

    Jumat, 10 Agustus 2018 15:25:56
  • Rp. 201.243

    Anonim

    Jumat, 10 Agustus 2018 10:55:46
  • Rp. 52.241

    Anonim

    Rabu, 08 Agustus 2018 09:54:46
  • Rp. 201.122

    Anonim

    Rabu, 08 Agustus 2018 04:09:19
  • Rp. 150.114

    Hamba Allah

    Selasa, 07 Agustus 2018 23:23:50
  • Rp. 300.124

    Anonim

    Selasa, 07 Agustus 2018 15:38:18
  • Rp. 52.134

    Anonim

    Minggu, 05 Agustus 2018 15:11:25
  • Rp. 51.991

    RG

    Minggu, 05 Agustus 2018 02:10:49
  • Rp. 104.041

    Anonim

    Sabtu, 04 Agustus 2018 07:23:39
  • Rp. 20.048

    Anonim

    Jumat, 03 Agustus 2018 22:45:12
  • Rp. 250.083

    Anonim

    Jumat, 03 Agustus 2018 05:38:06
  • Rp. 300.106

    Anonim

    Jumat, 03 Agustus 2018 04:41:19
  • Rp. 201.046

    Hamba allah

    Kamis, 02 Agustus 2018 01:22:47
  • Rp. 20.048

    Anonim

    Rabu, 01 Agustus 2018 23:42:18
  • Rp. 2.000.011

    Muiz

    Rabu, 01 Agustus 2018 14:43:08
  • Rp. 103.896

    Anonim

    Selasa, 31 Juli 2018 04:47:16
  • Rp. 51.584

    Anonim

    Selasa, 31 Juli 2018 01:52:51
  • Rp. 200.831

    Anonim

    Selasa, 31 Juli 2018 00:19:26
  • Rp. 51.567

    Anonim

    Minggu, 29 Juli 2018 22:20:47
  • Rp. 150.058

    Anonim

    Kamis, 21 Juni 2018 12:44:12
  • Rp. 50.648

    Anonim

    Kamis, 21 Juni 2018 04:52:28
  • Rp. 200.289

    Anonim

    Rabu, 20 Juni 2018 10:19:56
  • Rp. 50.639

    firda y kadi

    Selasa, 19 Juni 2018 11:45:06
  • Rp. 50.624

    Anonim

    Selasa, 19 Juni 2018 00:22:54
  • Rp. 50.619

    Anonim

    Senin, 18 Juni 2018 12:57:50
  • Rp. 200.245

    Anonim

    Senin, 18 Juni 2018 04:57:36
  • Rp. 200.246

    Anonim

    Kamis, 14 Juni 2018 01:55:07
  • Rp. 300.030

    Retno Soelijanti

    Kamis, 14 Juni 2018 01:17:37
  • Rp. 500.087

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 21:53:18
  • Rp. 50.459

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 17:16:57
  • Rp. 500.084

    Febriana Kistanti

    Rabu, 13 Juni 2018 15:37:39
  • Rp. 500.075

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 15:12:33
  • Rp. 101.711

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 13:57:02
  • Rp. 200.135

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 07:24:32
  • Rp. 500.057

    Aldi

    Rabu, 13 Juni 2018 04:14:53
  • Rp. 20.013

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 03:14:16
  • Rp. 500.055

    Khumaeroh

    Rabu, 13 Juni 2018 03:06:49
  • Rp. 50.478

    Muhammad Iqbal

    Rabu, 13 Juni 2018 01:04:01
  • Rp. 101.652

    Anonim

    Rabu, 13 Juni 2018 00:39:34
  • Rp. 200.155

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 14:40:10
  • Rp. 500.031

    Hamba Allah

    Selasa, 12 Juni 2018 13:43:07
  • Rp. 101.548

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 13:25:58
  • Rp. 200.121

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 09:35:11
  • Rp. 250.019

    Ian

    Selasa, 12 Juni 2018 05:35:32
  • Rp. 250.014

    Ian

    Selasa, 12 Juni 2018 05:33:42
  • Rp. 50.067

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 05:03:24
  • Rp. 101.524

    Muslih

    Selasa, 12 Juni 2018 04:09:03
  • Rp. 300.023

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 03:50:29
  • Rp. 300.019

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 02:13:31
  • Rp. 55.001

    Anonim

    Selasa, 12 Juni 2018 00:55:21
  • Rp. 25.005

    Anonim

    Senin, 11 Juni 2018 21:48:22
  • Rp. 1.000.024

    Bu tedi

    Senin, 11 Juni 2018 21:28:26
  • Rp. 150.031

    Anonim

    Senin, 11 Juni 2018 20:21:28
  • Rp. 50.391

    Sarah

    Senin, 11 Juni 2018 15:49:43
  • Rp. 101.245

    Anonim

    Senin, 11 Juni 2018 06:23:57
  • Rp. 150.036

    Anonim

    Senin, 11 Juni 2018 06:12:57
  • Rp. 300.015

    Ratna

    Senin, 11 Juni 2018 03:59:56
  • Rp. 101.579

    Anonim

    Senin, 11 Juni 2018 03:05:09
  • Rp. 101.560

    Anonim

    Minggu, 10 Juni 2018 22:05:03
  • Rp. 1.000.044

    Yaya

    Minggu, 10 Juni 2018 21:37:05
  • Rp. 150.035

    Haniah andriani

    Minggu, 10 Juni 2018 19:04:54
  • Rp. 50.491

    anton nursiwan

    Minggu, 10 Juni 2018 14:10:10
  • Rp. 300.034

    Lisbet

    Minggu, 10 Juni 2018 13:39:47
  • Rp. 500.070

    Anonim

    Minggu, 10 Juni 2018 04:34:26
  • Rp. 50.437

    Andi Prastiarso

    Minggu, 10 Juni 2018 03:51:05
  • Rp. 200.201

    Anonim

    Minggu, 10 Juni 2018 03:04:42
  • Rp. 50.420

    Yahya ulum

    Sabtu, 09 Juni 2018 23:18:50
  • Rp. 50.411

    M rohman

    Sabtu, 09 Juni 2018 21:19:20
  • Rp. 2.000.008

    Muiz

    Sabtu, 09 Juni 2018 18:38:20
  • Rp. 200.175

    Anonim

    Sabtu, 09 Juni 2018 14:42:09
  • Rp. 500.055

    Morina A

    Sabtu, 09 Juni 2018 12:36:33
  • Rp. 970.001

    Anonim

    Sabtu, 09 Juni 2018 09:09:32
  • Rp. 1.000.030

    Osda

    Sabtu, 09 Juni 2018 06:11:56
  • Rp. 101.281

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 17:23:38
  • Rp. 101.252

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 14:42:00
  • Rp. 100.079

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 12:00:43
  • Rp. 101.241

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 10:30:02
  • Rp. 100.501

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 05:01:57
  • Rp. 200.115

    Anonim

    Jumat, 08 Juni 2018 01:05:16
  • Rp. 101.179

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 23:17:20
  • Rp. 101.164

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 15:23:31
  • Rp. 200.094

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 13:53:42
  • Rp. 50.179

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 11:34:03
  • Rp. 500.026

    DINI MALIK

    Kamis, 07 Juni 2018 10:37:07
  • Rp. 50.146

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 09:08:49
  • Rp. 100.501

    Anonim

    Kamis, 07 Juni 2018 05:12:33
  • Rp. 250.004

    Dini

    Senin, 04 Juni 2018 12:05:00
  • Rp. 101.009

    Anonim

    Minggu, 03 Juni 2018 22:02:09
  • Rp. 50.448

    Anonim

    Selasa, 22 Mei 2018 05:33:13
  • Rp. 200.769

    Anonim

    Jumat, 27 April 2018 05:53:17
BANTU Melalui Whatsapp!

8 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU JELMAWAR, ANAK KECIL LUMPUH SEJAK BAYI

9 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
AMIRUDIN BUTUH BANTUAN SEMBUHKAN KOMPLIKASINYA

9 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
MOTOR UNTUK PAK SAMAN, GURU PEDALAMAN KOMODO NTT

14 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANGUN KEMBALI RUMAH PAK ISHAKA SANG IMAM MASJID

14 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU SEMBUHKAN KANKER TIROID JAMILAH