SELAMATKAN BAYI INDONESIA

Author : IBM Admin

IBM Admin
Kota Bandung

terkumpul dari target : Rp100.000.000

1% terkumpul 30 hari lagi

Tiap jam, 8–10 bayi prematur meninggal dunia. Indonesia termasuk 5 negara dgn jumlah kelahiran prematur terbanyak di dunia. Ayo selamatkan bayi Indonesia !

Banyaknya kasus kelahiran bayi prematur di Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam angka kematian bayi di Indonesia. Setiap jam, terdapat 8 – 10 bayi baru lahir prematur meninggal dunia, artinya ada 200 bayi yang meninggal setiap harinya. Dengan ini, Indonesia menempati urutan ke-5 sebagai negara dengan jumlah kelahiran prematur terbanyak di dunia.

Komunitas Dokter Anak Peduli Bayi Indonesia tergerak bekerja sama dengan Insan Bumi Mandiri untuk membuat sebuah gerakan "Selamatkan Bayi Indonesia". 

Dari sekian banyak kasus kelahiran bayi prematur ini, salah satunya dialami oleh bayi dari Ibu SH. Bayi SH, lahir prematur 8 bulan dengan berat badan 1.75 kg, jauh di bawah berat bayi pada umumnya. Kondisinya diperparah dengan Sindrom Gawat Nafas ( Respiratory Distress Syndrome) / Penyakit Membran Hialin. Saat ini usia sang bayi sudah mencapai 12 hari. Selama 5 hari awal, sang bayi sempat memakai alat bantu nafas ventilator. Meskipun saat ini kondisi bayi SH sudah melalui masa kritisnya, namun untuk memperbaiki prematuritasnya masih membutuhkan perawatan yang cukup panjang.


dr. Irman Permana,SpA,M.Kes salah satu anggota Komunitas Dokter Anak Peduli Bayi Indonesia memaparkan, selain kondisi kelahiran prematur bayi, hal yang lebih memilukan yakni banyak di antara keluarga bayi prematur ini berasal dari kalangan menengah ke bawah yang sebagian besar tidak memiliki BPJS maupun asuransi kesehatan lainnya. Padahal, biaya ICU anak mencapai 2 - 3 kali lipat biaya ICU dewasa.


Pada akhirnya kelangsungan hidup bayilah yang dipertaruhkan. Dengan kondisi ekonomi seperti ini, membuat orangtua sulit untuk melanjutkan perawatan anak di Ruang Intensif Neonatus di rumah sakit, seperti yang dialami oleh bayi Ibu SH.

Mari kita selamatkan bayi Indonesia

Insan Bumi Mandiri

SMS/ WA Konfirmasi 0812 214 5114

jl. Subang no. 59

Bandung

Telp. (022) 205 251 84


Foto: Komunitas Dokter Anak Peduli Bayi Indonesia


Perkembangan SELAMATKAN BAYI INDONESIA

  • 2018-01-08


    Update 1 - BAYI PREMATUR NURMAYANTI TELAH DISELAMATKAN


    Bayi Bu Nurmayanti mengalami kegawatan level 2-3 yakni perbatasan antara level sedang dan berat. Bayi ini mengalami masalah komplikasi sehingga perlu dirawat di High Care Unit di salah satu rumah sakit di Bandung. Bayi diberikan bantuan alat napas CPAP dengan diagnosis Sepsis Neontorum (infeksi berat pada bayi), respiratory distress (sesak napas), dan hipoglikemia persisten (kekurangan glukosa berat dan menetap). Bayi lahir dengan operasi secar dan kondisinya belum memiliki kartu BPJS atau jaminan sosial lainnya.

    Bayi Bu Nurmayanti memerlukan alat PICC (jalur infus untuk bayi kecil atau bayi yang memerlukan perawatan lama dan intensif) guna memenuhi kebutuhan cairan, obat-obatan, dan zat nutrisi lainnya.

    Alhamdulillah setelah diberikan penanganan dan diberikan alat yang diperlukan, kondisi bayi Bu Nurmayanti semakin membaik. Nutrisi yang dimasukkan lewat alat PICC bisa masuk seluruhnya dan kini bayi sudah mulai minum lewat mulut secara bertahap.

    Campaign “Selamatkan Bayi Indonesia “ menjamin dan memastikan bahwa penyaluran bantuan tetap memprioritaskan keluarga kurang mampu dan atau belum ada jaminan sosial dari lembaga manapun.

    Satu bayi telah berhasil dibantu dan diselamatkan. Mari kita bantu lebih banyak bayi yang memerlukan bantuan sehingga generasi muda Indonesia bisa terselamatkan.
  • 2018-03-14


    UPDATE 2 - BAYI PREMATUR RANI & DINI TELAH DISELAMATKAN


    Bantuan kesehatan yang disalurkan kali ini yaitu pembelian kantung kanguru. Kantung kanguru telah diberikan kepada pasien-pasien RSHS Bandung yakni Rani Romadoni dan Dini Yulia. Keduanya memiliki bayi yang lahir prematur dengan berat badan di bawah normal. Dengan adanya kantung kanguru, mereka dapat melakukan metode Perawatan Metode Kanguru (PMK) sehingga bayinya dapat diselamatkan.

    PMK merupakan suatu metode untuk bayi berat lahir rendah atau kelahiran prematur. Metode ini dapat dilakukan dengan cara kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu (skin-to-skin contact) di mana ibu menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayi. Metode ini dapat mempermudah pemberian ASI, sehingga meningkatkan lama dan jumlah pemberian ASI pada bayi.

    Jazakumullah khairan katsiran kepada donatur yang telah membantu penyelamatan bayi-bayi Indonesia. Semoga Allah memudahkan segala urusan donatur. Mari kita bantu selamatkan bayi Indonesia yang lainnya.
  • 2018-07-31


    INNALILLAHI, RADEYA MENINGGAL DUNIA


    Innalillahi, Radeya meninggal dunia pada Selasa (24/07/18) tengah malam di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung. Kamis (21/06/18), beberapa hari setelah kelahiran dilakukan kontrol pertama di Rumah Sakit Ebah Majalaya, Bandung. Ia didiagnosa tidak memiliki anus. Dokter menyarankan Radeya untuk dibawa ke RSHS supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Setelah diperiksa di RSHS, dokter mengatakan bahwa selain di diagnosa tidak memiliki anus, muncul penyakit-penyakit baru yang menyerang Radeya seperti infeksi darah, kebocoran jantung, dan gangguan paru-paru. Hal tersebut terjadi karena ia terlambat mendapatkan penanganan oleh dokter, sehingga kotoran yang seharusnya dibuang ke anus menjadi menyebar ke organ lainnya dan mengakibatkan infeksi.

    Rabu (27/06/18), Radeya melakukan operasi pertama untuk dibuatkan saluran pembuangan (anus) sementara. Beberapa kali, kondisi Radeya sempat mengalami masa kritis. Setelah dilakukan rontgen, hasilnya menunjukkan ia mengalami penyakit sepsis, pneumonia, dan down syndrome.
    Kini, Radeya telah menghembuskan nafas terakhirnya. Sesaat sebelum meninggal, ia mengalami penurunan trombosit secara drastis.

    Relawan Insan Bumi Mandiri telah menyalurkan donasi yang terhimpun kepada ibu kandung Radeya.
    Mari kita doakan agar Radeya mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah serta keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi kepergiannya.

Name

Email


Messagge


Congratulations. Your message has been sent successfully
Error, please retry. Your message has not been sent


Donatur


  • Rp. 25.532

    Anonim

    Senin, 07 Mei 2018 14:18:01
  • Rp. 200.193

    Anonim

    Jumat, 04 Mei 2018 08:44:18
  • Rp. 100.864

    Anonim

    Kamis, 03 Mei 2018 01:14:55
  • Rp. 500.338

    Anonim

    Kamis, 19 April 2018 07:52:23
  • Rp. 50.712

    Anonim

    Rabu, 18 April 2018 15:51:57
  • Rp. 150.189

    Anonim

    Senin, 16 April 2018 05:43:29
  • Rp. 200.725

    Anonim

    Senin, 19 Maret 2018 22:01:36
  • Rp. 20.190

    Anonim

    Minggu, 25 Pebruari 2018 21:07:31
  • Rp. 50.564

    Dimas wihardyanto

    Minggu, 31 Desember 2017 00:26:17
BANTU Melalui Whatsapp!

7 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU RAYA MELAWAN KELAINAN SYARAF BATANG OTAK

8 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU JELMAWAR, ANAK KECIL LUMPUH SEJAK BAYI

9 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU KAKEK ROSUL SEMBUHKAN TUMORNYA

10 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
Bantu Rendi Sembuh dari Infeksi Limpa

11 jam yang lalu

Anonim
telah mendonasikan untuk program:
BANTU NEK FATIMAH, SEBATANG KARA MELAWAN KUSTA